PENYULUHAN PENJAMAH MAKANAN  UPTD PUSKESMAS BARU TENGAH

Hygiene Sanitasi Pangan adalah suatu usaha untuk melindungi, memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan pangan yang dikelola untuk konsumen. Namun pada kenyataannya dilapangan masih ada ditemukan pengolahan makanan dan penjual makanan yang  tidak menerapkan perilaku hygiene.

Untuk mengatasi masalah tersebut Tim UPTD Puskesmas baru tengah melakukan upaya penyuluhan dan pelatihan tentang hygiene dan sanitasi penjamah makanan secara rutin kepada para penjamah makanan. Pengetahuan tentang hygiene dan sanitasi penjamah makanan ini diharapkan bisa menjadi wawasan baru bagi kelompok mitra, sehingga kedepannya wawasan yang didapat tersebut dapat diterapkan saat melakukan pengolahan makanan maupun saat menjualnya.

Penyuluhan penjamah makanan dilaksanakan di ruang pertemuan UPTD puskesmas baru tengah  pada tanggal 27 s.d 28 september 2020 dengan sasaran dari penyuluhan tersebet adalah pengelola warung makan,PIRT,kantin sekolah,jajanan ,toko makanan dll. Dengan jumlah peserta hingga 50 peserta yg di bagi menjadi 4  sesi. Penyuluhan dilakukan oleh Darmawati Petugas Kesehatan Lingkungan UPTD Puskesmas Baru Tengah. Peserta di beri pengetahuan mengenai tahap2 Higiene Sanitasi Pangan mulai Pemilaham Bahan,Penyimpanan,Pengolahan,Penyimpanan Makanan matang,Pengangkutan makanan matang serta Penyajian. Selain itu kondisi Higiene perorangan dan Lingkungan  tidak kalah penting bagi seorang Penjamah Makanan . Pada pertemuan  kemarin juga menyampaikan Perwali no.23 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Corona Virus Desease 2019

 

#UPTDPuskesmasBaruTengahCepatKreatifAmanahProfesional